Bacaan Lanjut: Tes Tertulis Beasiswa Pemerintah Jepang Monbukagakusho

Jadi bagi teman-teman yang ingin melatih diri lebih lagi, di sini saya ada beberapa saran bacaan lanjutan.

Examination for Japanese University Admission for International Students (EJU)

Biasa disingkat EJU. EJU cenderung lebih sulit menurutku pribadi jika dibandingkan dengan tes tertulis yang aku lalui sih. Cuman pada dasarnya emang silabusnya juga berbeda. Bagi temen-temen yang mau dapet suasana ujian tertulisnya bisa terlebih dahulu ikut tes EJU yang beberapa bulan sebelumnya diadakan di Universitas Indonesia (lebih lengkap: EJU di UI dan Pusat Bahasa Universitas Negeri Surabaya. Bagi yang berminat cek deadline registrasinya yah. Kalau saya sih tidak ikut, tapi dapat rekomendasi ini dari senpai.

Saya quote dari laman Pusat Studi Jepang UI:

EJU adalah satu ujian seleksi penerimaan bagi mereka yang berminat belajar di universitas atau lembaga pendidikan tinggi di Jepang sebagai mahasiswa asing dengan BIAYA PRIBADI dan diselenggarakan oleh Japan Student Service Organization (JASSO). EJU diselenggarakan 2 kali setiap tahun, tahap 1 pada bulan Juni dan tahap II pada bulan November. Mata pelajaran yang diujikan adalah Japanese as a Foreign Languange, Science, Japan and The World and Mathematics. Biaya Pendaftaran Ujian adalah Rp.66.000, dimana peserta bisa memilih 3 mata ujian yang akan diujikan sesuai dengan peminatan jurusan di universitas Jepang.

Silabus EJU

Sampel EJU

Textbooks

Dalam persiapan, saya membaca beberapa buku teks untuk membantu saya. Sebenernya ini juga saya hitung-hitung sebagai persiapan kuliah tahun pertama. Nothing to lose jika ingin belajar lebih, kan? Jujurnya sih saya sangat puas karena melakukan persiapan ini. Saya ditolong temen-temen saya sih. Tapi, sebenarnya dengan pakai bantuan komunitas-komunitas di internet ataupun video tutorial pembelajaran yang seabrek-abrek di Internet keknya juga cukup. Oyah, ini opsional sekali. Jika ingin membaca dan waktu tidak memungkinkan fokus ke materi yang kamu lemah. Untuk tahu kisaran materi yang diujikan lihat soal-soal tes tahun lalu ya.

  1. Calculus 9th ed oleh Purcell (Baca bab luas dan volume sih yang penting).
  2. Fundamentals of Physics 13th ed oleh Halliday, Resnick, Walker (Dasarnya sangat bagus, recommended!)
  3. Chemistry 6th ed oleh James E. Brady (Penjelasannya detil bagus buat dasar) atau Chemistry  oleh Raymond Chang (Penjelasannya simpel dan lebih ringkas, saya dulu baca ini).
  4. Organic Chemistry 11th ed oleh Graham Solomons (Fokusin ke senyawa aromatik seperti benzena).

Other Exams

Soal EJU ini berbeda lagi dengan soal “SBMPTN”-nya teman-teman di Jepang mereka akan mengahadapi tes センター (center) atau tes masing-masing universitas yang jauh lebih sulit dibanding EJU ataupun tes tertulis kita. Tapi kalau mau lihat, ada contohnya nih dapet dari MAA. japanese-university-exam-problems-in-mathematics

Juga tidak ketinggalan, teman-teman bisa mempersiapkan diri dari soal-soal SBMPTN, SIMAK UI, UM UGM, dan saya yakin kalian lebih tahu tentang hal ini (tiap jaman kan ganti hehe).

Saya ga paham nih kalau tentang A-level. Mungkin bisa cari silabus A-level sendiri terus bandingin sama EJU.

Sebenernya kalau sampe sini ikutin bahan belajar ini, udah cukup bener. Terus bertekun dalam usaha dan doa ya 😀 Ada kata seseorang: “Kesuksesan itu diraih bukan didapat”. All the best!

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s