Tes Beasiswa MEXT/Monbukagakusho 2016

Setelah SBMPTN, gw bermalas-malasan untuk sekitar 2-3 hari. Tadinya pengen bermalas-malasan lebih lama, hanya saja karena w cemas dikit dengan hasil SBMPTN yang agak kacau (ngantuk banget di jam 10an hingga akhir tes, so Bahasa Indonesia dan Inggris di SBMPTN nya udah males mikir gt). Jadi gw gunakan persiapan MEXT sebagai pengalih kegalauan gw haha.

Karena gw mau pilih Teknik Elektro di form beasiswanya, jadi gw otomatis perlu nyiapin diri untuk materi ujian IPA-a: Matematika, Fisika, Kimia, English, (dan Japanese). Pas pertama kali nyoba, yang gw coba adalah tes Matematika dan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris-nya TOEFL-like kalau menurut w, alias mirip-mirip TOEFL – gw kembali buka buku les TOEFL gw dulu deh jadinya sambil latihan grammar test dari banyak websites. Untuk English w saranin banyak latihan grammar aja dari Internet, free kok hehe. Matematikanya perlu kemampuan dasar dari SMA, seinget w barisan, aljabar, trigonometri, kalkulus itu sering keluar di tahun2 lalunya. Belom pernah liat vektor dan matriks sih, tapi w tetep nyiapin diri aja. Untuk Fisika dari soal-soal tahun lalu nya w liat selalu keluar materi mekanika, listrik-magnet, gas ideal, suara, dan optika. Sedangkan untuk Kimia, pasti ada materi kimia organik dan selebihnya mirip-mirip dengan SMA. Nah kimia organikanya ini menurutku susah sih, hehe.

Dulu pas masa persiapan, banyak temen dr negara laen yang ngomong di group fb gt kalau soalnya susah, ada juga yang bilang gampang, ada yang bilang keluar soal materi apa gt – tapi yaaah gw g gitu mikirin deh soalnya kan tingkat kesusahan itu relatif.

Untuk persiapannya sih cukup umum, belajar buku SMA sampe mateng (untungnya udah untuk SBMPTN), nanya-nanya orang lain, dan buka Internet. Lebih jelasnya kalau w:

  • English: Barron’s TOEFL, tes TOEFL PBT Grammar dari banyak web.
  • Matematika: Calculus by Purcell Chapter 1-6.
  • Fisika: Fundamentals of Physics by Halliday-Resnick.
  • Kimia: Chemistry by Raymond Chang, Organic Chemistry by Solomons. Chemistry by Brady bs gantiin Raymond Chang juga.
  • Japanese: – w ga menyiapkan diri, sorry ga bisa ngomong banyak.

Untuk Fisika dan Kimia awalnya kewalahan banget karena setiap kali coba ngerjain soal tahun 2012-2013 w kek nebak-nebak cara aja biar dapet jawaban yang ada di pilihanya. Nah ini ga sehat nih. Jadi gw berusaha cari temen yg bisa ajarin, sekalipun senior. Thanks banget deh sama mereka.

Nah gw sempet gabisa tidur lagi pada malem sebelum tes. Entah karena sindrom serupa dengan sindrom saat malam sebelum SBMPTN (gw sebut ini pretest anxiety syndrome wkwkw) atau karena kekenyangan makan banyak dari Gadjah Madah Plaza deket hotel tempatku menginap hehehe. Nah, untungnya jam 11an gt udah bisa tidur, bangun pagi-pagi jam 6 lalu meluncur ke lokasi. Dari hotelku ga gitu jauh sih, kalau naik taxi ganyampe 50k gt jd tetep musti bayar 50k haha. Sampe di lokasi ada tempat nunggu gt udah disiapin dari pihak Kedubes. Nah, itu penuh banget sekalipun gw nyampe lokasi jam 6.30. Gw sih duduk cuman maen reversi aka othello aja sama papa gw terus sisanya gabut liatin orang-orang aja. Akhirnya waktu tes udah mau mulai, sebelum tes w sempet nelpon mama dan cece gw untuk minta doa mereka dan papa gw. It feels so relaxing banget deh. Kami diajak ke hall gt buat tes.

Pas ujian pastikan deh smartphone kalian udah mati dan ga ada alarm yang dibuat di rentang waktu tes. Ntar, kek pas gw tes lagi… Lagi asik-asik ngerjain ada peserta yang hp nya bunyi. Itu udah jelas banget ganggu konsentrasi peserta laennya dan dia tentunya karena pihak kedubesnya kan berikan peringatan gt ke dia.

Ujian tes tertulis untuk MEXT 2016 ini diawali dengan ngegabut sekitar 15 menit. Pihak kedubesnya offer boleh buka buku bagi yang mau *eh ada aja lho wkwkwk gw sih udah doa aja dan kenalan sama temen di samping gw. Ternyata ini jadi temen gw juga di ITB kelak, namanya Reynaldi Maslim, dia dari FTSL. Nah kan, ga ada yang nyangka emang setiap kenalan bakal memberikan alter kekgimana, hehe.

Tes dimulai!!! English yang pertama, syukurlah tidak beda dengan materi yang gw pelajari, bisa dibilang well-done lah hehe. Selanjutnya, Matematika. Nah di tes Matematika ini w cukup merasakan kesulitan di Kalkulus soalnya beda dengan yang keluar di tahun sebelumnya. Sekalipun ga berharap yg keluar itu-itu aja dan udah antisipasi tapi tetep aja panik. Alhasil ada yg kosong di tes Math w (which is not good because I count on this so much, Math is my second choice in the form too).

Sedihnya itu, pas sampe rumah kotak-katik lagi, w kerjain itu dan it feels like dulu pernah diajarin gt buat nyiapin lomba. Jangan panikan deh saranku, sayang kan… Gw yang hanya dipersenjatai secara khusus di dua materi ujian ini sempet cemas dengan soal Fisika dan Kimianya yang gw rasa juga bakal beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tapi gw inget kalo cuman kita yang bisa nentuin destiny kita mau begimana. “There is not, never was, and never will be moments when you cannot alter your destiny”. Jadi gw tetep count on untuk dua tes tersisa. Istirahat gw dibeliin makan sama papa gw KFC soalnya di sekitar gedung Kedubes ga ada warteg gt *yakali hehe adanya mall dan gw waktu itu mager untuk pindah terlalu jauh hehehe, my dad read my mind gt.

Selepas istirahat. Gw mulai kerjain soal tes Kimia seinget gw, Nah di tes kimia ini gw cukup… cukup mabok wkwkwk. Lagi lagi nih yah soalnya lebih advance menurut gw, soal kimorganya lebih sulit menurut gw. Terus banyak teori yang gw jawab pake feeling hehehe. Serius deh ada sekitar 30% dijawab pake feeling haha. Fisikanya w stuck di tiga soal gt. Gw awalnya stuck di dua soal. Sampe 30 menit terakhir gw baru dapet satu. dan di 10 menit terakhir gw tetep ga dapet jawaban buat Mekanika nya, hehe. Tapi jawaban soal-soal yang laen gw untungnya yakin hehe.

Pengalaman gw sih kebanyakan soal-soal yg gw ga bisa sebenernya gw udah pernah nemu di textbook cuman karena panik dan alasan-alasan yang tak bisa dijelaskan lainnya gw ga bisa jawab di hari itu hehe. Anyway, gw thankful banget sama Tuhan karena gw selepas tes itu plong banget dan merasa gw udah melakukan semua yang gw bisa.

Nah gitu deh, gw pulang deh abis tes dan langsung menuju ke bandara untuk flight sore. Perjalanan pulang gw lancar, puji Tuhan. Nah, setelah sampe rumah gw langsung cerita tentang pengalaman tes *belom dinner padahal* tadi ke keluarga dan sedih sedikit karena ga jawab yg sebenernya gw udah pelajarin. Abis itu makan malem, mandi, dan cek hasil SBMPTN. Hahaha, iya.. jadi hari itu tuh hari pengumuman SBMPTN. Puji Tuhan lagi karena gw diberi kesempatan belajar di FTI ITB, yeaah! So, yeah, that’s all pengalaman tetang tes monbusho yang gw jalanin.

The path may be full of twist and the rocks of my life can hit me on my face no oncebut there is a much much more beautiful things ahead and I have the Lord with me. Duc in altum, in te speravi non confundar!

 

 

 

 

6 Comments Add yours

  1. Andromeda says:

    Keren nih blog

    Oh ya, kamu download atau beli buku yang ada di list itu ?
    kalau download kasih tips dong supaya nyaman belajar dengan ebook.
    Terima kasih moga sukses study di Jepangnya ya

    Like

    1. Theodorus says:

      Aku download, hmmm mungkin tau struktur penulisan bukunya bisa ngasih overview buku. Oyah pake fitur bookmark sama highlight juga jadi mudah pencarianya. Thanks!

      Like

  2. badakuak06061999 says:

    oh ya gan ,,,ujian bhasa jepang nya sulit nggak??gw sangt trtrik nih sama beasiswany,,,,o iya,,,gw masi bngung dokumen apa yg hrus gw kirim utk dapeti nmor ujiannya

    Like

    1. Theodorus says:

      Ujian bahasa Jepang yah.. hmm.. well, lol gw ga tau susah apa gak. Gw kan g kerjain, baca juga ga bisa gw waktu itu. Tapi, ada furigananya (bacaan Kanji dalam Hiragana) kok. Temenku ada yang menyarankan level N5. Aku menyarankan kuatkan semua ujian kecuali bahasa Jepang.

      Like

  3. badakuak06061999 says:

    gw mau nanya gan,,dokumen apa aja yg hrus d kirim utk dptin nmor ujiannya

    Like

    1. Theodorus says:

      Coba gan cek website Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Ada bagian Beasiswa gt bro… Ohyah kirim berkas belum tentu dipanggil tes gan, ganbattene!

      Like

Leave a Reply

